KANJENG TRONIK..Reparasi VIDEO AUDIO DLL JENGGIK TERARA LOTIM NTB

Jumat, 31 Oktober 2014

PIN PROTEK TV TOSHIBA



PIN PROTEK TV TOSHIBA
Nulis aahhh mumpung ada waktu sedikit.
TV ini tidak sempat catat spect keseluruhan cuman casis = PB8161 , vertikal = ta8403k. TV ini bila di-on-kan beberapa detik stanby lagi dengan led kedip2. Dugaanku pertama sih kalo gak horisontal ya vertikal. Cek horisontal baik2 aja, trus ke vertikal B+ ama ground tidak short hemmm jadi mikir nich...... terpaksa lah... proteksinya dilumpuhin dulu biar ketahuan rusaknya dimana TAPI sebentar aja nanti ada part yang nyulut rokok alias kebul2 terbakar. Begitu di-on-kan wow..... heatsink vertikal panas, sama socket crt bunyi tik2 rupa2nya si screen mengeluarkan lidah apinya hehehehhehe rupanya daerah socket crt sudah pada kena tetanus alias karatan dan berdebu. Langsung aja socket crt kuganti. End giliran vertikalnya yg di interogasi kenapa langsung kepanasan, rupa2nya pin 1 (Gn) bergandengan tangan alias short dengan pin 2 (output). Setelah beli, harga di Ungaran Rp7.500, kalo di Semarang mungkin lebih murah tapi jauh sekali. Setelah diganti, protek pasang lagi dan dinyalain yaaaaaa... gambarnya udah nggak malu2 lagi tampil dilayar kaca. NAH DIMANAKAH LETAK PROTEKNYA???? Sebenarnya sirkit protek hampir mirip pada semua tv, tapi kalo sudah tanya pada teman gak ada yg tau atau tanya mbah google gak ketemu responnya gimana coba?? Apalagi kalo skema gak punya??? Itulah "yg pintar yg banyak belajar".
Protek tv ini pada Q819 (C3190), lepas aja kaki tengahnya. Mungkin teman lain punya pengalaman berbeda ya baguslah di upload aja biar saling share. Biar aku bisa COPAS cuman untuk arsip bukan untuk di tulis disini. Disini semua pengalaman pribadi.
Cukup ini aja dulu sebenarnya masih banyak lagi tapi sambung besok lagi. Sebenarnya senang berbagi pengalaman tapi waktu sangat terbatas, ngerjakan tv dan lainnya bisanya cuman malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar